Pemuda

EKOWISATA MANGROVE LANTEBUNG BUTUH SOLUSI, UNIVERSITAS COKROMINOTO MAKASSAR MELAKUKAN KKN PPM

Makassar – Melalui program KKN PPM yang didanai oleh Ristekdikti 2019, Universitas Cokrominoto Makassar memberdayakan masyarakat di Lantebung, Kelurahan Bira yang telah berlangsung sejak (17 juli – 4 September 2019).

Diketahui Lantebung yang memiliki Hutan Mangrove dengan luas wilayah 12 Ha secara administratif masuk dalam wilayah Kecamatan Tamalanrea ini memiliki potensi besar untuk pengembangan ekowisata.

meningkatnya wisatawan baik dalam maupun luar negeri sebagai salah satu pilihan destinasi wisata alternatif yang baru di Kota Makassar, tentu akan mengalami lonjakan wisatawan dan sudah pasti akan menimbulkan permasalahan yang baru pula.

Andi Nur Apung (37) selaku ketua penyelenggara menuturkan, dengan kemampuan sumber daya manusia yang tidak bisa mengakomodasi terkait besarnya lonjakan wisatawan, bisa memengaruhi keamanan konserpasi laut serta prasarana wisata yang terbatas.

“Tujuan KKN PPM ini adalah untuk membantu memberdayakan masyarakat agar mampu mengelola pariwisata pesisir berbasis konservasi lingkungan kawasan ekowisata hutan mangrove dan memberikan informasi untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan wisatawan terkait keamanan serta prasarana” Tutupnya. 16/11/2019

Pelatihan Pengelolan Sampah Plastik melalui metode “Ecobrick” untuk membuat bangunan Ecobrick, Pengelolaan Sampah
sistem 3R, Pembersihan Lingkungan dan Sanitasi, Penyuluhan tentang konservasi dan Ekowisata, Penanaman dan Pembibitan Mangrove, Pengadaan Sarana Air Bersih serta Pembuatan Spot Foto Pengunjung merupakan daftar kerja dari kegiatan ini.

“Andi Ummung” (47) selaku ketua pengusul, mengatakan “Program kerja yang diterapkan ini merupakan poin poin permasalahan yang terjadi saat ini. kita pun menjalin kerja sama dengan Kelompok Jekomala (pengelola Ekowisata Mangrove Lantebung) merupakan untuk mensukseskan kegiatan KKN PPM ini”. tutupnya

Terwujudnya perbaikan sistem lingkungan, peningkatan pendapatan, partisipasi, keterampilan serta kemampuan manajemen masyarakat merupakan harapan sehingga terwujudnya ekowisata mandiri dan lestari.

Lukman Daris WR4 (Wakil Rektor 4) mengatakan, “Universitas Cokrominoto Makassar sangat merespon kegiatan ini dan berharap ditahun tahun yang akan datang UCM dapat meningkatkan kerja sama dengan membuat Desa Binaan yang dapat dijadikan projeck bagi kegiatan pemberdayaan masyarakat” tutupnya. (vhr)

Editor : Vhr ( Vharel )
Teropong SulselJaya
Portal Kawan Muda

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close