Bencana

Kapal LCT Mutiara 77 Tenggelam di Dasar Sungai Mahakam

TEROPONG SULSELJAYA,Kutai Kertanegara , Kapal Landing Craft Tank ( LCT ) Mutiara 77 tenggelam di Dasar Sungai Mahakam letaknya pas di Sungai Kedang Kepala Kutai Kartanegara Kalimantan Timur.

Peristiwa Tenggelamnya Kapal Mutiara 77 tenggelam , sabtu 30 November 2019 sekitar pukul 05.00 Wita.

Menurut Juru Mudi Kapal “Afdaluddin” warga Sungai Keledang Samarinda Seberang di konfirmasi Lewat Hp Selulernya mengatakan Bahwa kejadian berawal dari miringnya kapal Mutiara 77 sekitar pukul 03.00 subuh, kemudian sekitar pukul 05.00 hampir semua badan kapal tenggelam dan beberapa teman saya lompat ke sungai. Di dalam kapal kami sekitar Tujuh ( 7 ) orang dan saya selaku Juru Mudi LCT Mutiara 77 langsung menyelamatkan diri dari tenggelamnya kapal.

Kapal itu mau menuju Muara Ancalong, Kabupaten Kutai Timur (Kutim) dari Desa Tering Kabupaten Kutai Barat. Kata Afdal

Disaat itu satu orang korban atas nama Suan warga Jawa Timur yang merupakan karyawan PT KJB yang dinyatakan hilang , saat sekarang sudah ditemukan di hari minggu Pukul 14.50 dalam keadaan tidak bernyawa dan mayat tersebut ditemukan tidak jauh dari lokasi TKP sekitar 4 Meter.

Menurut Informasi dua ( 2 ) orang tewas dan Lima ( 5 ) orang selamat dari maut tersebut .saat sekarang korban yang selamat sedang dilakukan pemeriksaan di Polsek Muara Kaman Kutai Timur. Korban yang tewas 2 orang berkedudukan sebagai operator Barang dan 5 orang korban yang selamat sebagai ABK.

Kapal itu diketahui mengangkut 6 unit ekskavator merek Komatsu PC 130 milik PT KJB dan memuat 2 unit sepeda motor Honda Revo.

Saat ini 5 saksi Mata yang merupakan ABK Kapal telah dimintai keterangan di Polsek Muara Kaman Kutai Kartanegara Kaltim guna mengusut penyebab tenggelamnya Kapal Tersebut.

Menurut informasi warga di sekitaran Sungai , mengatakan bahwa kalau sungai itu memang terkenal angker ,pasalnya pada zaman Belanda dulu, dijalur sungai tersebut kerap dijadikan sebagai wadah mencari tumbal kepala ” Makanya warga menyebutnya sungai itu Kedang Kepala”.(AHF)

Editor : A.Hebri
Teropong Sulseljaya
Portal Kawan Muda.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close