Pemuda

PMI Prov Kaltim Menggelar Temu Relawan I

Balikpapan,-Temu Relawan I Palang Merah Indonesia ( PMI ) Provinsi Kalimantan Timur di Venue Dayung Waduk Manggar Balikpapan Pada hari Rabu – Sabtu,  27 -30 November 2019.  Dengan Tema Kegiatan ” Relawan PMI Kaltim, Siap Terampil dan Responsif ” .

Temu Relawan ini diikuti sebanyak 6 PMI Kabupaten/Kota di Kaltim meliputi PMI Kota Samarinda, PMI Kota Balikpapan, PMI Kab.Berau, PMI Kab. Panajam Paser Utara, PMI Kab. paser dan PMI Kecamatan Samboja, menggunakan sistem perkemahan dan diisi dengan berbagai kegiatan antara lain Travelling Tanggap Darurat Bencana, Lokakarya, Peragaan dan Pentas Seni.

Menurut Ketua Panitia Pelaksana “ Mesdiono “ di konfirmasi Melalui WhatsApp nya mengatakan bahwa Peserta yang Hadir sebanyak 147 Peserta dari 6 PMI Kab/Kota Masing masing mengutus 10 orang Relawan untuk berlomba unjuk pengetahuan dan keterampilan yang dinilai oleh para juri secara Independen.

kemudian beberapa Serangkaian kegiatan Lokakarya seperti Manajemen Relawan, Penciptaan Lingkungan Aman, Akses yang Lebih Aman, dan Manajemen Sistem Informasi SDM PMI diikuti oleh perwakilan seluruh kontingen. Juga diselenggarakan Peragaan Tanggap Darurat Bencana, yang dilaksanakan dalam bentuk lomba, mulai dari Kesiapsiagaan individu dan tim, Briefing, Asesmen, Pertolongan Pertama, membuat Rencana Operasi Tanggap Darurat Bencana, mendirikan Posko Tanggap Darurat, Hunian Sementara, Manajemen Distribusi Bantuan, sampai Pelaporan Tanggap Darurat Bencana. ungkap Mesdiono


disisi lain Pengurus Pusat PMI, Bidang Relawan, H.M Muas mengatakan, kegiatan ini merupakan tolok ukur dan bahan evaluasi terhadap pembinaan relawan yang selama ini dilakukan di daerah.

“Saya berharap masing-masing PMI di daerah dapat meningkatkan kualitas relawannya, agar pelayanan kepalangmerahan kepada masyarakat dapat dilakukan dengan prima,” tegasnya.

Hasilnya, Peraga Terbaik 1 untuk Kesiapsiagaan individu/tim dan Briefing adalah ( Tim  PMI Samarinda ), Peraga Terbaik 1 Asesmen, ( Tim PMI Berau ), Peraga Terbaik 1 Pertolongan Pertama ( Tim PMI Balikpapan ), Peraga Terbaik 1 Menyusun Rencana Operasi Tanggap Darurat Bencana (TDB)  ( Tim PMI  Samarinda ) Peraga Terbaik 1 Posko TDB ( Tim PMI Samarinda ), Peraga Terbaik 1 Posko TDB ( Tim PMI Berau ), Peraga Terbaik 1 Manajemen Distribusi Bantuan ( Tim PMI Penajam Paser Utara ), dan Peraga Terbaik 1 Pelaporan TDB ( Tim PMI Penajam Paser Utara ). (AHF)

Editor : A.Hebri
Teropong Sulseljaya
Portal Kawan Muda.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close