Daerah

PEMERHATI LINGKUNGAN HIDUP KOMUNITAS ANAK RIMBA SAWERIGADING LUWU TIMUR ( PLH. KARST. LUTIM) MENGADAKAN DIKSAR KE-12

TEROPONG SULSELJAYA, Luwu Timur- Untuk mengorganisir pemuda dan mengembangkan minat bakat serta upaya untuk menumbuhkan kepekaan dan kesadaran terhadap lingkungan, PLH Komunitas Anak Rimba Sawerigading baru baru ini telah melakukan Diksar ke-12 bertempat di Mabonta jalur Gunung Pasokoran Desa Kalpataru, Kecamatan Tomoni, Kabupaten Luwu timur, 02/01/2020.

PLH KARST LUTIM mengambil tema “Menciptakan Kader-kader yang loyal dan bertanggung jawab” kali ini merekrut kalangan pelajar yang berjumlah 17 Orang diantaranya 5 orang perempuan dan 12 orang laki-laki.

Kader kader ini diharapkan kelak menjadi tongkat estapet kelembagaan yang telah dirintis sejak 30 mei 2009 dan dilaksanakan setahun sekali dalam menyikapi permasalahan lingkungan di Kabupaten Luwu Timur itu sendiri.

“Musthalib” selaku MPO (Majelis Pertimbangan Organisasi) PLH KARST LUTIM mengemukakan bahwa kehadiran lembaga ini merupakan bentuk nyata dari keberadaan pemuda yang masih memiliki rasa kepedulian terhadap lingkungan.

“Kita Sama-sama sadar bahwa dua sumber masalah di kehidupan ini yakni di antara nya manusia dan Lingkungan sehingga kita mengupayakan Mendorong kesadaran pemuda pemudi Luwu timur mampu merubah paradigma orang lain bahwa masih ada pemuda dalam suatu wadah yang memiliki konsentrasi khusus di wilayah pengembangan dan pemerhati lingkungan secara terorganisir”, ucapnya.

Ditempat terpisah, Ary Gusti selaku Ketua PLH KARST LUTIM, menjelaskan inti dari kegiatan ini mengacu pada kemampuan kader menempatkan atau memposisikan diri sebagai orang organisatoris.

“Melalui dikdas ini kita mencoba merangkul kalangan pemuda remaja terkhusus di wilayah mangkutana raya, bagaimana kita membentuk kader yang mampu menempatkan atau memposisikan dirinya sebagai seorang organisatoris dan tetap bertanggung jawab atas hakikat pencinta alam yang kita jalani bersama serta dikdas XIII ANGKATAN XII mengajarkan bahwa kerja sama dan rasa kekeluargaan adalah awal dari sebuah kesuksesan”, bebernya.

Kegiatan ini turut menghadirkan pemateri dari KPA Mahameru selaku KPA tertua di Luwu Timur serta PMI untuk menambah wawasan para kader. (vhr)

Reporter : vhr vharel
Teropong SulselJaya
Portal Kawan Muda

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close