Tokoh

PIMPINAN PUSAT MUHAMMADDIYAH YANG JUGA MERUPAKAN WAKIL KETUA MUI PROF YUNAHAR ILYAS TUTUP USIA

TEROPONG SULSELJAYA, Makassar – Innalillahi wainnailaihi rajiun, telah berpulang kerahmatullah Prof. Dr. KH. Yunahar Ilyas, Lc Ketua Pimpinan Pusat Muhammaddiyah pada tanggal 02/01/2020 pukul 22.47 di RS Sarjito Yogyakarta.

Almarhum selain menjabat sebagai ketua PP Muhammaddiyah, beliau juga merupakan Wakil Ketua MUI.

dr. Agus Taufiqrahman selaku ketua PP Muhammaddiyah yang selama ini mendampingi Prof Yunahar menerangkan bahwa setelah dirawat di RS Sarjito, Almarhum dalam persiapan operasi cangkok ginjal.

“Prof Yun dalam tahap proses cangkok ginjal namun karena kondisi Prof menurun dia kemudian dirawat di ICU”, ucapnya pada awak media.

Sosok Prof Yunahar menurut dr. Agus Taufiqrahman merupakan ulama besar yang memiliki dedikasi tinggi terhadap dakwa.

“dalam kondisi kurang sehat, beliau masih aktif berdakwah “, ungkapnya.

Sekadar diketahui, Prof Yunahar merupakan putra Bukit tinggi kelahiran 22 September 1956 aktif menjadi anggota Muhammadiyah sejak tahun 1986. 

Menamatkan pendidikan dasar di Padang, dua gelar S1 diperoleh di Fak. Usluhuddin Universitas Ibnu Riyadh (1983) dan Fak. Tarbuyah IAIN Imam Bonjol tahun 1984. S2 dan S3 diselesaikan di Pascasarjana IAIN Sunan Kalijaga pada tahun 1996 dan 2004.

Selama bermuhammadiyah, pernah menjabat sebagai Ketua Majelis Tabligh dan Dakwah Khusus PP Muhammadiyah periode 2000-2005 dan pada periode 2005-2010 menjabat sebagai Ketua PP Muhammadiyah. Diluar muhammadiyah, tercatat sebagai salah satu unsur ketua di Majelis Ulama Indonesia Pusat. Sehari-hari, bekerja sebagai Dosen/Guru Besar di Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Yogyakarta sejak 1987.
(ril/vhr)

Reporter : vhr vharel
Teropong SulselJaya
Portal Kawan Muda

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close