COVID-19

1 Warga & 13 Staf Medis RSUD Siwa, Wajo Positif Covid-19 Lewat Rapid Test

TEROPONGSULSELJAYA.com, Wajo
— Pihak Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Siwa Kabupaten Wajo kembali melakukan Rapid test terhadap 124 orang yang diduga pernah kontak dengan Suspek IW. Setelah pasien IW dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19 (Corona Virus) dengan gejala ringan di desa Alelebbae, Kecamatan Pitumpanua,Kab Wajo,Sulsel.

Juru bicara Tim Gugus Tugas Covid- 19 Kab.Wajo, Supardi SE, mengatakan Rapid Test yang dilakukan mulai tanggal 19 – 23 April 2020, hasilnya 14 orang dinyatakan positif.

Lebih lanjut Supardi, hasil Rapid test positif belum tentu positif Covid-19, karena nilai positif itu baru diperoleh dari adanya peningkatan aktivitas Antibodi akibat adanya virus yang masuk ke dalam tubuh orang yang di test. Sehingga tidak serta merta bisa dikategorikan positif Covid-19.

“Yang bisa memastikan seseorang terinfeksi Covid-19 hanyalah PCT (Polumerace Chain Reaction). Selama kondisi fisik yang bersangkutan tidak menunjukkan gejala seperti deman, sesak nafas, batuk dll, maka mereka hanya dimasukkan dalam kelompok OTG (Orang Tanpa Gejala), dan akan terus diisolasi sambil menunggu hasil PCR nya keluar, “jelas Supardi (23/4/2020)

Dari hasil Rapid Test sudah ada 14 orang menunjukkan hasil positif, 13 orang merupakan tenaga medis dan 1 orang warga diluar petugas kesehatan yang pernah kontak dengan pasien IW.

” Saat ini mereka yang 14 orang sedang menjalani proses isolasi di Rumah Sakit Umum Siwa dan di rumah dinas petugas kesehatan tersebut,” kata Supardi.

Supardi pun mengharapkan kepada masyarakat untuk tidak panik dan tetap mematuhi himbauan pemerintah dan tetap tinggal dirumah, bila keluar diharuskan pakai masker.

“Kepada masyarakat untuk tetap mematuhi himbaun pemerintah agar kita dapat melewati wabah ini secara bersama sama,” menutup wawancaranya.

Laporan : Azis A

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close