Keamanan

Membendung Laju Penyebaran Corona Virus, Posko Siaga Desa Salukanan

TEROPONGSULSELJAYA.com,-ENREKANG,- Berbagai pihak kini tengah menggembar-gemborkan upaya untuk membendung laju penyebaran corona virus (covid-19), salah satunya di Desa Salukanan, Kecamatan Baraka, Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan, Sabtu (25/04/2020).

Jum’at (24/04) kemari Pemerintah Desa Salukanan juga telah menghimbaukan kepada masyarakat untuk menggunakan masker, menjaga jarak sosial, dan menghindari keramaian sekaligus membacakan surat edaran Pemerintah Kabupaten dalam rangka memerangi penyebaran corona virus.

Salmi salah seorang petugas Posko Siaga Desa Salukanan mengatakan, Corona virus mudah menyebar saat orang terinfeksi batuk dan menyebarkan percikan atau cipratan yang mengandung virus ke udara, ini bisa terhirup masuk atau menyebabkan infeksi jika anda menyentuh mata, hidung atau mulut dengan tangan yang menyentuh permukaan tempat virus jatuh.

“Karena hal tersebut masyarakat dihimbau untuk tetap menjaga kebersihan seperti, sering cuci tangan dengan sabun dan air atau dengan gel pembersih, langkah ini dapat membunuh virus di tangan, jangan menyentuh mata, hidung, mulut. Serta tangan yang menyentuh banyak permukaan dapat membawa virus, dari situ, virus mudah masuk ke tubuh bila Anda menyentuh bagian wajah,” terangnya.

Lanjutnya, “Corona Virus sangat mudah berpindah untuk tetap menjaga diri kita semua mesti mematuhi atura pemerintah untuk menjaga jarak minimal 1 hingga 2 meter, dan menggunakan masker dalam melakukan setiap aktifitas diluar dan didalam rumah masing-masing.

“Poskos siaga covid-19 Desa Salukanan memastikan bahwa akan memperketat penjagaan posko selama bulan ramadhan kedepan, jadi untuk masyarakat yang melintas dan tidak menggunakan masker kami akan suruh kembali kerumah untuk mengambil masker, aturan ini telah disepakati oleh aparat Desa Salukanan yang diberlakukan bagi semua masyarakat dan pengendara yang melintas,” tegasnya.

“Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), hal yang paling penting mencegah penularan adalah menjaga kebersihan, untuk memastikan bahwa kita mendukung pemulihan dan juga sebagai kampanye pemutusan rantai penyebaran corona virus. teruntuk para relawan, hingga tenaga medis yang sedang mempertaruhkan hidupnya digaris depan tetap semangat, kita pasti bisa memulihkan Indonesia,” tutup Perempuan yang sering disapa Ammi Moon tersebut. (aks)

Reporter : Kadimorfati

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close