Pendidikan

Peran BUMDes Jadi Rancangan Fokus Penelitan Mahasiswa S3 UNM

Advertisement HUMAS PEMPROV SULSEL

MAKASSAR,- TEROPONGSULSELJAYA.com,- Saat ini pemerintah upaya menggenjot peningkatan ekonomi nasional selama masa Pandemic Covid-19. Bukti dari upaya pemerintah melalui Permen Kementerian Desa, Transmigrasi dan Daerah Tertinggal untuk capaian peningkatan ekonomi nasional melalui Program Sustanaible Development Goals (SDGs) pada tahun 2021 kedepan.

Program tersebut dijewantahkan dalam 18 rancangan program berbasis pada sektor peningkatan ekonomi pada wilayah pedesaan.

Hal inilah yang menjadi dasar pemikiran dari salah satu mahasiswa Program Doktor S3 Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Makassar, yakni Abdul Karim dan juga sebagai Dosen STIE AMKOP Makassar.

Saat ini Mahasiswa S3 UNM tersebut dalam capaian menuju doktoralnya memfokuskan penelitian pada Peran BUMDes di Kabupaten Enrekang dalam meningkatkan ekonomi. Bukan tanpa dasar Abdul Karim melakukan penelitian di Bumi Massenrempulu, sebab Kabupaten Enrekang juga merupakan kampung kelahirannya.

Abdul Karim melaksanakan ujian seminar proposal disertasi yang di bimbing oleh Prof. Dr. Chalid Imran Musa sebagai Promotor dan Prof. Dr. Romansyah Sahabuddin selaku Co-Promotor. Sementara yang bertindak sebagai penguji, yakni Prof. Dr. H. Muhammad Azis (Ketua Prodi S3 Pendidikan Ekonomi UNM), Prof. Dr. Thamrin Tahair (Dekan FEB UNM), dan Dr. Sulaiman Samad (Asdir I PPs UNM). Jum’at, (06/11/2020).

Dalam seminar proposal tersebut, Dr. Sulaiman Samad memberikan masukan yang konstruktif mengenai letak kejelasan peran BUMDes di Kabupaten Enrekang dalam rancangan penelitian tersebut.

Prof. Dr. H. Muhammad Azis dan Prof. Dr. Thamrin Tahir menyampaikan semoga kedepan hasil penelitian tersebut memberikan hasil analisis yang dapat dijadikan sebagai bahan acuan dalam pengembangan BUMDes di Daerah, khususnya di Kabupaten Enrekang.

Pada kesempatan lain Prof. Dr. Chalid Imran Musa selaku Promotor berharap semoga dalam penelitian dapat berkonstribusi secara akademik mengenai peran BUMDes untuk peningkatan Pendapatan Asli Desa.

Sementara Prof. Dr. Romasyah Sahabuddin menyampaikan jika kedepan dalam proses penelitian lebih mendapatkan ke-khasan dalam penelitian ini yang dapat dijadikan sebagai ikonik penelitian secara kualitatif. (aks)

Reporter: dyroen

Advertisement MEWUJUDKAN KABUPATEN LUWU YANG MAJU SEJAHTERA DAN MANDIRI DALAM NUANSA RELIGI

Related Articles

Close