Daerah

Berebut Ribuan Butir Telur Tergantung, Masyarakat Katemba Peringati Maulid Nabi

Teropongsulseljaya.com ,Fakfak – Berbagai cara masyarakat muslim dipenjuru dunia merayakan Maulid Nabi dengan cara berbeda-beda dan salah satunya masyarakat Kampung Katemba, Distrik Fakfak Tengah, Kabupaten Fakfak, Papua Barat yang menggelar acara tersebut dengan rebutan telur rebus yang tergantung didalam serta pekarangan Masjid At-Taqwa Senin malam 18/10/2021.

Imam masjid At-Taqwa “La Asis” kepada Tim teropongsulseljaya.com mengatakan bahwa berebut telur yang tergantung merupakan bentuk pelestarian tradisi yang telah terlaksana secara turun temurun.

“Ia benar kegiatan ini memang sudah ada dari dulu secara turun temurun hingga sekarang. Perebutan telur ini memiliki makna sebagai tanda syukur atas kelahiran Nabi Muhammad SAW dan semoga kita mendapatkan syafaat kelak di akhirat,” Terang La Asis.

Lanjut, “sebelum melaksanakan kegiatan perebutan telur biasa nya membaca do’a kemudian di ikuti dengan barzanji dan sholawat nabi. Dalam sholawat Nabi, barulah di lakukan perebutan telur. Kegiatan ini biasa nya di tutup dengan do’a bersama seluruh warga masyarakat kampung se tempat,” Jelasnya

Dari pantauan Tim Teropongsulseljaya.com ,diperkirakan telur yang terkumpul melebihi 15.000 butir yang diperoleh dari sumbangan masyarakat kampung katemba maupun sekitarnya serta jamaah Masjid At-Taqwa itu sendiri. Dari yang tua hingga anak-anak berkumpul serta melakukan doa bersama secara suka cita hingga suasana kekeluargaan pun sangat terasa. (Red)

Reporter : CJ_Saff

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close