Pembangunan

BPTP Sulbar Sosialisasi Perpustakaan Digital

Advertisement HUMAS PEMPROV SULSEL

SULBAR, TEROPONGSULSELJAYA,com,
– Sistem perpustakaan digital adalah penerapan teknologi informasi sebagai sarana untuk menyimpan, mendapatkan dan menyebarluaskan informasi ilmu pengetahuan dalam format digital. Atau secara sederhana dapat dianalogikan sebagai tempat menyimpan
koleksi perpustakaan yang sudah dalam bentuk digital, demikian ujar Sumiati, SP. Pustakawan Muda Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Sulawesi Barat (Sulbar).

Lanjutnya, perpustakaan adalah salah satu unit kerja yang berupa tempat untuk mengumpulkan, menyimpan, mengelola, dan mengatur koleksi bahan pustaka secara sistematis untuk digunakan oleh pemakai sebagai sumber informasi. “Karena penyuluh membutuhkan bahan bacaan sebagai sumber informasi, maka perpustakaan digital bisa menjadi alternatif pilihan, yang bisa diakses melalui jaringan online,” ujar Sumiati.

BPTP Sulbar melaksanakan Bimbingan Teknis (BIMTEK) Peningkatan Kompetensi Penyuluh Pertania Era Digital, di Kabupaten Polewali Mandar, Kamis, 1 Desember 2022. Acara dihadiri Dr. Ir. Nurdiah Husnah, M.Si. Kepala BPTP Sulbar, mewakili Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Mandar, H. Andi Ibrahim, SP. sekaligus membuka acara bertempat di Meeting Room Dewa Ruci 1, Hotel Ratih, Jenderal Ahmad Yani Polewali Mandar. Tamu dan undangan yang hadir diantaranya Dr. Harli A. Karim, SP.MP. Dekan Fakultas Pertanian, Universitas Mandar (Unasman),

Dalam sambutannya, Dr. Nurdiah Husnah menyebutkan, “Seperti anjuran Menteri Pertanian (Mentan) bapak Prof. Syahrul Yasin Limpo, membangun pertanian harus diawali pembangunan kualitas SDM. Karena pertanian menjadi penopang utama solusi bangsa dan negara. Pertanian harus maju, mandiri, modern menggunakan riset, sains dan teknologi,” paparnya.

BIMTEK menghadirkan sejumlah pemateri; ‘Membangun Kemitraan Agribisnis Berkelanjutan’ oleh Dr. Ir. Nurdiah Husnah, M.Si. Kepala BPTP Sulbar. ‘Standar Mutu Komoditas Tanaman Pangan’ oleh Ketut Indrayana, S.TP. Analis Standardisasi Pertama. ‘Penguasaan Teknologi Pertanian sebagai Materi Penyuluhan’ oleh Ir. Marthen P. Sirappa, M.Si. Ketua TIM Teknis BPTP Sulbar. ‘Menggali Ide Berita dan Teknik Reportase Wawancara’ oleh Zulkarnain Hamson, S.Sos. M.Si. Profesional juga Direktur Pusat Pendidikan dan Pelatihan (PUSDIKLAT) Jurnalis Online Indonesia (JOIN) Nasional. ‘Sosialisasi Perpustakaan Digital’ oleh Sumiati, SP. Pustakawan Muda BPTP Sulbar.(@)

Advertisement MEWUJUDKAN KABUPATEN LUWU YANG MAJU SEJAHTERA DAN MANDIRI DALAM NUANSA RELIGI

Related Articles

Close