Pendidikan

Gugus 22 Kecamatan Marioriwawo Melaksanakan KKG di SDN 165 Asanae

Advertisement HUMAS PEMPROV SULSEL

SOPPENG,-TEROPONGSULSELJAYA.Com-Gugus 22 Kecamatan Marioriwawo melaksanakan kegiatan Kelompok Kerja Guru (KKG) di SDN 165 Asanae.Jum,at (8/3/2024).

Dengan melibatkan 10 Sekolah Dasar (SD) kegiatan yang dilaksanakan tersebut merupakan upaya meningkatkan mutu pendidikan dengan memanfaatkan Kurikulum Merdeka.

Pada kegiatan itu, Hasmah S.Pd, M.Pd, selalu pengawas tingkat sekolah dasar, menjadi pemateri utama yang memaparkan paradigma baru dalam Kurikulum Merdeka.

Ia menekankan pentingnya pengembangan keterampilan abad ke-21, seperti berpikir kritis, kreativitas, kolaborasi, komunikasi, pemecahan masalah, dan literasi digital.

Hasmah juga menjelaskan bahwa pembelajaran lintas disiplin dalam Kurikulum Merdeka mendorong integrasi berbagai bidang pengetahuan, sehingga peserta didik dapat memperoleh pemahaman holistik.

“Konsep yang diajarkan tidak terisolasi dalam silo disiplin, melainkan dihubungkan untuk memberikan pemahaman yang lebih luas,” ungkapnya.

Sementara itu, Musmuliani S.Pd menyampaikan tentang Disiplin Positif dalam Merdeka Belajar, sebuah metode yang mengedepankan dialog dengan peserta didik.

Menurutnya, dengan membangun dialog bersama peserta didik, tanggung jawab atas kesadaran diri dapat tumbuh secara alami.

“Penerapan disiplin positif harus menjadi gerakan bersama,” katanya.

Advertisement MEWUJUDKAN KABUPATEN LUWU YANG MAJU SEJAHTERA DAN MANDIRI DALAM NUANSA RELIGI

Related Articles

Close